Selasa, 11 Oktober 2011

Tips Hidup Sehat » Home » » » » Tips Mudah Mengontrol Kolesterol Add to circles Tips Hidup Sehaton

Tips Mudah Mengontrol Kolesterol

Share

Sebenarnya Kolesterol adalah salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan tubuh, disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Sebagai salah satu sumber energi, lemak memberikan kalori paling tinggi dan (khususnya kolesterol) sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Meski tubuh memerlukannya untuk dapat berfungsi dengan baik, jumlah yang dibutuhkan sudah dapat terpenuhi dari produksi di dalam tubuh. Sehingga tidak diperlukan lagi tambahan kolesterol dari makanan.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). HDL disebut sebagai kolesterol baik karena mampu mengangkat lemak dari pembuluh darah untuk kemudian dikeluarkan sebagai asam empedu. Sedangkan, LDL adalah kolesterol jahat karena dapat melekat pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan  penumpukan lemak. Jadi, semakin tinggi LDL dalam darah, makin tinggi risiko mendapat serangan jantung koroner atau stroke. Sebaliknya, semakin tinggi HDL, makin terlindungi dari risiko terserang penyakit-penyakit tersebut.

Bagaimana mengendalikan kolesterol dalam tubuh? Berikut ini tips mudah mengontrol kadar kolesterol dalam darah Anda :

Ketahuinya Kadarnya.
Cobalah ambil inisiatif untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda dan lihat hasilnya. Umumnya, dokter menyarankan kadar kolesterol agar berada di bawah 200 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah angka 130, dan HDL berada di atas 40.

Berkenalan Dengan Lemak Baik.
Jika ternyata Anda didiagnosa memiliki kadar kolesterol tinggi, biasanya dokter akan menyarankan menurunkan konsumsi lemak. Tapi, jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, avokad, minyak zaitun dan kanola, kacang-kacangan serta ikan laut masih boleh dikonsumsi. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak ini membantu menurunkan kadar LDL dalam darah, serta meningkatkan HDL.

Jaga Keseimbangan Berat Badan.
Salah satu cara mudah dan murah mengendalikan kadar kolesterol adalah mengurangi berat badan. Lagi pula menurut penelitian , berat badan berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Cara praktisnya, hindari atau kurangi konsumsi makanan dan minuman beminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi. Misalnya jeroan, kepiting, udang, kerang, daging, santan, margarine, telur, cokelat, dan gula.

Perbanyak Air dan Serat.
Langkah ke 4 dalam mengendalikan kolestrol adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Mengapa? Karena serat yang terdapat dalam buah dan sayur dapat mengikat kolesterol sehingga tak beredar dalam darah. Sementara vitamin C berguna untuk keseimbangan kolesterol. Namun perlu diingat, sayuran yang kaya vitamin C cukup direbus setengah matang. Kalau sampai matang, vitaminnya akan hilang. Jika sayuran atau buah dibuat menjadi jus, minumlah bersama ampasnya yang merupakan sumber serat.

Lakukan Aktivitas Fisik Rutin.
Satu hal yang tak kalah penting dalam mengendalikan kadar kolesterol adalah berolahraga secara rutin. Jalan kaki atau jenis olahraga ringan lain yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan saja bahwa Anda sudah berolahraga selama 10 menit setiap hari, 5 hari dalam seminggu.




Penulis: soni ~ Berbagi Info dan Tips ~

Artikel Tips Mudah Mengontrol Kolesterol ini dipublish oleh soni pada hari Selasa, 11 Oktober 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

Related Posts :

0 komentar:

Posting Komentar


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More